Thursday, December 7, 2017

8 Klub "Buangan" dari Liga Champions, Siap Recoki 32 Besar Liga Eropa 2017-2018


DARI 32 klub yang mentas di Fase Grup Liga Champions 2017-2018, hanya 16 di antaranya yang diizinkan mentas di babak selanjutnya (16 besar). Hal itu berarti, ada 16 tim lain yang harus menghentikan asa mereka untuk berkiprah lebih lama di kompetisi terelite Eropa tersebut.

Akan tetapi, delapan dari 16 tim itu masih berkesempatan tampil di kompetisi antarklub Eropa, meski tajuknya bukan Liga Champions. Kedelapan tim itu akan tampil di kasta kedua antarklub Eropa, Liga Eropa.

Lantas, siapa saja tim “buangan” dari Liga Champions yang akan tampil di Liga Eropa 2017-2018? Mereka ialah tim-tim yang finis di posisi tiga masing-masing grup. Sebut sebut saja CSKA Moskow, Glasgow Celtic, Atletico Madrid, Sporting Lisbon, Spartak Moskow, Napoli, RB Leipizg dan Borussia Dortmund.


Nantinya, mereka akan mentas di babak 32 besar Liga Eropa bersama 24 klub yang memastikan lolos dari fase grup ajang yang sama. Dari 24 klub di atas, setidaknya ada dua klub yang biasanya langganan tampil di Liga Champions, namun musim ini mentas di Liga Eropa. Mereka ialah Arsenal dan AC Milan.

Ketika Liga Eropa 2017-2018 bergulir, Arsenal dan Milan jadi dua klub yang digadang-gadang akan bersaing ketat menjadi juara. Namun, setelah hadirnya tim-tim “buangan” dari Liga Champions, membuat peta persaingan agak berubah.

Tim “buangan” yang memiliki kapasitas untuk menjuarai Liga Eropa ialah Los Colchoneros –julukan Atletico. Terakhir kali mentas di sana, tim asuhan Diego Simeone menjadi juara. Saat itu bertemu Athletic Bilbao yang juga berasal dari Spanyol, Atletico menjuarai Liga Eropa 2012-2013 setelah menang 3-0 via gol-gol yang dicetak Radamel Falcao (brace) dan Diego Costa.

Dua musim sebelumnya, Atletico juga menjadi juara setelah di final menumbangkan Fulham 2-1. Dua modal itu setidaknya bisa membuat Atletico dijagokan menjadi salah satu kandidat juara.

Selanjutnya, kapan undian 32 besar Liga Eropa dilakukan? Undian akan dilangsungkan di Kota Nyon, Swiss pada Senin 11 Desember mulai pukul 19.00 WIB.


EmoticonEmoticon